5 Tempat Wisata di India yang Paling Terkenal dan Menarik

nan5 Tempat Wisata di India yang Paling Terkenal dan Menarik – Sebagai negara terbesar ketujuh di dunia, India memiliki banyak warisan budaya, agama, arsitektur, hingga kuliner dari berabad-abad yang lalu. Nggak heran, setiap tahunnya selalu banyak turis dari berbagai negara yang berkunjung ke India. Apakah lo juga jadi salah satu yang sudah berencana untuk liburan ke India?

Destinasi wisata di India memiliki nilai sejarah, arsitektur kuno, dan kental dengan cerita legenda. Sebagai negara dengan mayoritas agama Hindu, India juga punya banyak tempat suci keagamaan yang wajib lo kunjungi. Makanan khas India juga terkenal akan kelezatannya, loh. Langsung aja lihat beberapa rekomendasi tempat wisata di India paling unik dan menarik.

1. Taj Mahal

Arsitektur Dunia: Taj Mahal - Fakultas Teknik UMSU

Taj Mahal adalah salah satu objek wisata paling ikonik di India. Bangunan ini memiliki sejarah yang kaya dan merupakan salah satu contoh arsitektur Mughal yang paling indah di dunia. Dinamai sebagai Mumtaz Mahal, yang berasal dari nama istri kesayangan Kaisar Shah Jahan.

Bisa dibilang, Taj Mahal adalah contoh utama arsitektur Mughal, yang menggabungkan elemen-elemen berbagai tradisi arsitektur, seperti Persia, India, dan Islam. Bangunan ini terbuat dari marmer putih yang dikelilingi oleh taman yang indah. Kubah besar di atas bangunan adalah salah satu fitur paling ikonik dan merupakan bagian integral dari desainnya.

2. Golden City

7 Things To Do In India's Golden City Of Jaisalmer

Keunikan dari tempat ini terletak pada sebagian besar bangunannya yang dibangun menggunakan pasir kuning. Kota Golden Jaisalmer merupakan oase indah arsitektur tua dari bukit pasir gurun Thar.

Selain rumah-rumahnya yang indah, lo juga bisa mengunjungi benteng megah. Benteng ini adalah salah satu benteng kota yang masih berfungsi di dunia dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Benteng ini memancarkan warna keemasan yang indah pada siang hari, dan saat matahari terbenam, memberikan tampilan yang spektakuler.

3. Taman Nasional Periyar dan Wildlife Sanctuary

10 Objek Wisata Terbaik di Thekkady - Tripadvisor

Selain wisata budaya dan arsitektur, lo juga bisa menikmati lanskap atau alamnya. Salah satu yang paling terkenal di India Selatan adalah Taman Nasional Periyar dan Wildlife Sanctuary.

Taman Nasional Periyar adalah rumah bagi berbagai jenis satwa liar, termasuk gajah, harimau Bengal, sambar deer, gaur, macan dahan, beruang, dan banyak jenis burung. Salah satu daya tarik utama taman ini adalah kesempatan untuk melihat gajah di habitat alaminya.

Selain itu, lo juga bisa mencoba berlayar dengan perahu di sekitar Periyar Lake untuk melihat burung air, hewan liar, dan pemandangan alam yang spektakuler. Periyar juga merupakan kawasan yang penting untuk primata, seperti kera, dan ada peluang untuk mengamati kelompok-kelompok kera yang hidup di sekitar taman.

4. The Holy City of Varanasi

The Holy City Of Varanasi - Tripoto

Ke India nggak lengkap tanpa berkunjung ke pusat ziarah utama umat Hindu di kota suci Varanasi. Kota suci ini terletak tepat di tepian Sungai Gangga, yang menjadi salah satu simbol keagaman paling penting di sana.

Banyak orang datang ke Varanasi untuk melakukan ritual, meditasi, dan upacara keagamaan.

Ada lebih dari 80 ghat di kota ini, masing-masing dengan kepentingan agama dan budaya yang berbeda. Beberapa ghat terkenal termasuk Dasaswamedh Ghat, Manikarnika Ghat, dan Assi Ghat.

5. The Gateway of India

5 Tempat Wisata Instagramable di Mumbai, Wajib Mampir Saat Liburan ke India  - Halaman all - Tribun Travel

Bangunan adalah salah satu landmark paling terkenal di Mumbai, Maharashtra, India. Namun, pembangunan selesai pada tahun 1924, beberapa tahun setelah kunjungan tersebut. Monumen ini juga menjadi tempat kedatangan Maharaja mahkota Inggris saat mereka tiba di India.

Monumen ini terbuat dari batu basalt kuning dan menghadap ke laut. Strukturnya megah, dengan pilar-pilar yang kokoh, kubah besar, dan patung-patung yang menghiasi fasadnya. The Gateway of India adalah tempat yang populer untuk wisatawan yang ingin mengambil foto, bersantai di sekitar area ini, atau menikmati pemandangan Teluk Mumbai.

Scroll to Top