11 Kerajaan India Yang Perlu Anda Ketahui

kerjaan

11 Kerajaan India Yang Perlu Anda Ketahui – India kuno adalah India yang makmur dan kuat. Pada masa itu India merupakan pusat seluruh perdagangan dan politik dunia. Perbatasan India kemudian terbentang dari pegunungan Hindu Kush hingga pegunungan Arunachal dan dari Gunung Kailasa hingga laut di luar Kanya Kumari. Banyak kerajaan yang menguasai India pada periode ini. Beri tahu kami tentang 11 kerajaan terkaya dan terkuat di India.

Kerajaan Vikramaditya

sejarah india

Vikramaditya terkenal karena kebijaksanaan, keberanian, dan kemurahan hatinya. Tradisi menjaga sembilan permata dimulai dari kerajaan ini. Menurut buku Jyotirvidabharana karya Mahakavi Kalidasa, ia memiliki :
30 juta tentara
100 juta kendaraan berbeda
25 ribu gajah, dan
400 ribu kapal laut
Vikrama Samvatsara yang diamati di India juga dimulai dengan nama Vikramaditya.

Kekaisaran Maurya

Kaisar Chandragupta Maurya adalah tokoh terkemuka di antara para penguasa Kekaisaran Maurya. Ia dikenal sebagai Chandragupta Agung. Guru Chanakya dari Kaisar Chandragupta Maurya. Istri India Durdhara adalah salah satu istri Chandragupta. Putra yang lahir dari mereka adalah Bindusara. Chandragupta menyerahkan tahta kepada putranya Bindusara. Pada masa Bindusara, Chanakya menjadi perdana menterinya.

Kekaisaran Gupta

Samudragupta I dan Chandragupta II adalah penguasa penting Kerajaan Gupta. Dinasti Gupta berjasa menyatukan kembali kesatuan budaya Sanatan setelah jatuhnya Dinasti Sunga. Dinasti Gupta didirikan oleh Chandragupta I sekitar tahun 320 M dan Ia berkuasa sampai tahun 510. Srigupta, Ghatotkacha, Chandragupta I, Samudragupta, Ramagupta, Chandragupta II, Kumaragupta I dan Skandagupta adalah kaisar penting dinasti Gupta.

Kekaisaran Harsha

Setelah jatuhnya Kekaisaran Gupta, keadaan anarki terjadi di India Utara. Dalam situasi seperti itu, pemerintahan Harsh Vardhan memberikan stabilitas politik. Penyair Banabhatta dalam biografinya ‘Harshacharita’ telah memberikan gelar seperti ‘Chatuh Samudradhipati’ dan ‘Sarvachakravarthinam Dheeraye’ kepada Harshavardhana.

Kekaisaran Chalukya

Dia telah memperoleh gelar Sri Prithvi Vallabha Satyashraya. Dia mengalahkan raja Pallawa Mahendravarman dan memperluas kerajaannya hingga Kanchi. Karena hal ini raja Chera, Chola dan Pandya menjadi takut dan membawa kerajaan mereka ke bawah Pulikesi.

Kekaisaran Chola

Vijayalaya adalah pendiri dinasti Chola ini. Kekaisaran Chola menjadi terkenal di bawah Rajaraja Chola dan putranya Rajendra Chola. Kuil Brihadeeswara yang dibangun oleh Raja Raja di Thanjavur di Tamil Nadu menjadi contoh kejayaan kerajaan ini. Penguasa Tamil Chola menciptakan kerajaan Hindu terkuat dari abad ke-9 hingga ke-13.

Kerajaan Pallawa

Dipercaya bahwa sebelum Pallawa mendirikan negara merdeka, mereka adalah jenderal raja Satavahana. Pemerintahan Pallava dimulai dari Kanchi, Kanchi yaitu Kanchipuran di Tamil Nadu adalah ibu kota mereka. Aditya, orang pertama yang mengakui dirinya sebagai penguasa bawahan Pallawa, meningkatkan kekuasaannya dan mengalahkan Aparajita sekitar tahun 893 M, menggabungkan kerajaan Pallava dengan kerajaan Chola.

Dinasti Pala

Kerajaan

Setelah Harshavardhana, India diperintah oleh Palas, Pratiharas dan Rajputs. Namun dinasti Rashtrakuta mendominasi di bagian selatan. Putra Gopala, ‘Dharmapala’, dianggap sebagai kaisar terhebat dinasti Pala. Penguasa Pratihara pertama ‘Vatsaraja’ mengalahkan Dharmapala dan menguasai Kanauj.

Kekaisaran Kaisar Mihira Bhoja

Kerajaan

Bhoja I adalah raja paling terkenal dari dinasti ini. Dia juga dikenal sebagai Mihirabhoja. Dia adalah cucu dari Edarane Nagabhatta. Selama hampir 100 tahun, terjadi perebutan kendali atas Kanauj antara Palegars Benggala, Pratiharas di India Utara dan penguasa Rashtrakuta di India Selatan, yang dalam sejarah dikenal sebagai ‘Perjuangan Segitiga’.

Mihira Bhoja dikatakan telah menyelamatkan Raja Kabul, Lalia Shahi, dari invasi Turkestan. Di sisi lain, dia telah memenangkan persahabatan Raja Raghavadeva dari Nepal dengan melindunginya dari penjajah Tibet. Namun raja Devapala dari dinasti Pala dan raja Amoghavarsha dari Rashtrakuda selatan melanjutkan permusuhan mereka dengan Mihira Bhoja.

Kerajaan Bhoja

Kerajaan

Pemerintahan raja besar Bhoja atau Bhojadeva bertanggung jawab atas kemajuan kerajaan Bhoja. Raja Bhoja dikatakan telah membangun banyak kuil pada masanya, termasuk Bhojapura di dekat Bhopal dan Bhojashala di Dhar. Raja Bhoja konon menetap di Bhopal, ibu kota Madhya Pradesh saat ini. Itu sebelumnya dikenal sebagai ‘Bhojpal’. Raja Bhoja sendiri adalah seorang sarjana, penyair dan ahli tata bahasa yang hebat dan menulis banyak buku.

Kerajaan Wijayanagar

Kerajaan

Raja Krishna Devaraya adalah penguasa terpenting Kerajaan Vijayanagara. Nama ayahnya adalah Tuluva Narasa Nayak dan ibunya adalah Nagala Devi. Nama kakak laki-lakinya adalah Veera Narasimha. Krishnadevaraya bergelar ‘Andhra Bhoja’. Selain itu ia juga dikenal sebagai ‘Abhinava Bhoja’ dan ‘Andhra Pitamaha’.

Seperti Bajiraya, Krishnadevaraya adalah pejuang yang tak terkalahkan dan ahli bela diri yang ulung. Kerajaan kaisar agung ini tersebar di wilayah yang luas di India dari Laut Arab hingga Teluk Benggala, yang saat ini terdiri dari Karnataka, Tamil Nadu, Andhra Pradesh, Kerala, Goa, dan Orissa. Disebutkan bahwa batas kerajaan ini meluas hingga Visakhapatnam di timur, Konkan di barat, dan ujung semenanjung India di selatan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top